Program Studi Teknik Geofisika

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Olimpiade Kebumian GNE ITERA 2017


September 19th, 2017 | Posted by: geoph


Olimpiade kebumian tingkat SMA IPA se-provinsi lampung merupakan rangkaian acara Goephysics National Event (GNE) Institut Teknologi Sumatera 2017. GNE merupakan  acara yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika Mayapada ITERA. Olimpiade kebumian adalah acara pertama GNE dari 5 rangkaian acara, dimana GNE juga baru pertama kali diadakan tahun ini yang nantinya akan berlanjut menjadi agenda tahunan dari HMTG Mayapada ITERA. Salah satu tujuan GNE adalah membentuk suatu persaingan sehat sebagai sarana tolak ukur kemampuan siswa/i SMA IPA se-provinsi lampung. Oleh karena itu diadakanlah olimpiade kebumian yang dilaksanakan pada 2 september 2017 di aula LPPM gedung C ITERA.

            Olimpiade ini memakai sistem kelompok/tim dimana setiap tim terdiri dari 3 orang yang berasal dari 1 sekolah. Terdapat 3 tahapan yaitu ujian tertulis, rangking 1, dan LCT.  Olimpiade diawasi langsung oleh 3 juri yang merupakan dosen itera yaitu; Ruhul Firdaus, S.T., MT dosen Teknik Geofisika, Robiatul Muztaba, S.Si., M.Si dosen Astronomi dan Danni Gathot Harbowo, S.Si., MT dosen geologi . Panitia GNE adalah mahasiswa/i Teknik Geofisika ITERA, yang mengatur mulai dari sosialisasi ke SMA di Lampung sampai berjalannya acara hingga selesai. Olimpiade kali ini terdapat 15 tim yang telah mendaftar serta hadir pada saat lomba. Dari 1 sekolah ada yang mengirim lebih dari 1 tim.

            Pada akhir acara diumumkan pemenang olimpiade kebumian yaitu juara pertama Sma Al-Kautsar dengan jumlah poin 900 yang perwakilan timnya M. Hafidz Ghifary. Juara kedua memperoleh poin yang selisihnya cukup besar dari pemenang pertama yaitu 550 poin oleh SMA 1 Metro yang perwakilan timnya Nur Adilah. Juara ketiga memperoleh poin yang selisihnya hanya sedikit dari pemenang kedua yaitu 500 poin oleh SMA Al-Kautsar yang perwakilan timnya Ahmad Faris W.  Para pemenang menerima hadiah dan piala serta sertifikat pada acara puncak GNE yaitu seminar nasional yang aka diadakan pada 17 september 2017 di ITERA. Semoga tujuan dari olimpiade kebumian ini dapat terwujud dan pastinya bermanfaat untuk dunia pendidikan. (reza tg15)


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)