Program Studi Teknik Geofisika

"Institut Teknologi Sumatera"

               

VISIT COMPANY STASIUN BMKG KOTABUMI


December 27th, 2017 | Posted by: geoph


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang selanjutnya disebut BMKG adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Badan ini secara konsisten memfokuskan diri pada peningkatan pelayanan kepada pelanggan serta peningkatan efisiensi proses internal guna tercapainya penyebaran informasi dengan baik dan benar secara keseluruhan. Langkah ini mencerminkan komitmen manajemen untuk menjaga realibilitas pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat dengan mengoptimalkan ketersediaan sumber data dan informasi yang diperlukan untuk pelayanan yang optimal dan konsisten.

Di Provinsi Lampung, BMKG tersebar di empat wilayah yaitu: Stasiun Meteorologi Raden Inten II – Bandar Lampung, Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Karang, Stasiun Klimatologi Masgar – Tanjung Karang, dan Stasiun Geofisika Kotabumi.

Pada Sabtu, 18 November 2017 lalu HMTG-Mayapada melakukan kunjungan ke Stasiun Geofisika – Kotabumi. Stasiun BMKG Kotabumi, yang berada di Jl. Raden Intan No. 219, Kotabumi, Provinsi Lampung Lampung. Kunjungan ini bertujuan untuk; Mengetahui lebih lanjut mengenai pelayanan BMKG, Mengenalkan alat-alat yang ada di taman alat Raden Inten II, Mengenalkan bagaimana cara kerja alat-alat tersebut dan pengambilan datanya.

Dari Kunjungan BMKG Kotabumi, diharapkan mahasiswa mampu mengetahui dan memahami tentang pengertian, sejarah, serta manfaat BMKG, memahami proses pengamatan cuaca yang dilakukan oleh Stasiun BMKG Kotabumi, serta memahami alat – alat yang digunakan Stasiun BMKG Kotabumi dalam melakukan pengamatan cuaca. (Ekky Riwandha).


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)