Profil Lulusan

Deskripsi kemampuan, kompetensi, dan contoh profesi lulusan Teknik Geofisika ITERA

No. Deskripsi Profil Lulusan (Kemampuan/Kompetensi) Contoh Profesi / Pekerjaan
1 Sarjana Teknik yang mampu mengevaluasi dan memberikan solusi teknis dan rekayasa berdasarkan prinsip-prinsip kebumian dalam berbagai konteks. Geophysicist, Geothermal Engineer, Konsultan, Seismologist, Software Developer for Geophysical Applications, Remote Sensing & GIS Specialist, dan lain-lain.
2 Sarjana Teknik geofisika yang memiliki keahlian serta adaptif dalam berbagai bidang teknik, yang mampu merencanakan survei, akuisisi data, mengolah dan menganalisis data, serta menginterpretasikan data geofisika. Geotechnical Geophysicist, Data Scientist, Software Developer for Geophysical Applications, Geophysical Surveyor
3 Cendekiawan yang memiliki semangat untuk terus belajar sepanjang hayat, yang mampu mengembangkan diri sesuai preferensi personal. Akademisi dan/ atau Peneliti, Data Scientist, Konsultan Independen, Startup Founder, Teknologi Geospasial, Penemu, & Innovator

Capaian Pembelajaran Lulusan

ITERA

  1. Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa dan menerapkan nilai-nilai Pancasila
  2. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan adaptif terhadap perkembangan zaman dan kemasyarakatan
  3. Kemampuan untuk memberdayakan potensi Sumatra untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdaya saing

Tahap Persiapan Bersama

  1. Menguasai konsep, teori, dan keterampilan sains dasar (matematika, fisika, kimia dan biologi) serta rekasaya dasar (basic engineering) dan/atau manajemen/humaniora (basic management/humaniora) dan/atau desain dan seni dasar (basic art design)

Teknik Geofisika

  1. Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, sains alam, teknologi informasi, dan rekayasa guna memahami prinsip-prinsip rekayasa secara menyeluruh, serta merancang dan melakukan eksperimen laboratorium atau lapangan dan menganalisis data untuk memperkuat penilaian rekayasa.
  2. Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah rekayasa yang kompleks menggunakan metode, keterampilan, dan alat rekayasa modern yang diperlukan, serta merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi tugas dalam batasan yang ada.
  3. Kemampuan untuk merancang komponen, sistem, dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan dalam batasan realistis dalam aspek ekonomi, lingkungan, dan/atau keberlanjutan, serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan perspektif global.
  4. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, bekerja dalam tim multidisiplin dan multikultural, bertanggung jawab kepada masyarakat dengan mematuhi etika profesional, serta memahami pentingnya pembelajaran seumur hidup dan mengakses pengetahuan tentang isu-isu kontemporer.

Matriks Keterkaitan antara CPL dan Profil Lulusan

CPL PL 1 PL 2 PL 3
CPL 1
CPL 2
CPL 3
CPL 4
CPL 5
CPL 6
CPL 7
CPL 8

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

```

CPMK 1.x

  • CPMK 1.1 - Mahasiswa mampu menerangkan esensi relasi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesama manusia, dan lingkungan
  • CPMK 1.2 - Mahasiswa mampu memahami nilai-nilai Pancasila dengan menunjukkan sikap toleransi, keadilan,dan keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • CPMK 1.3 - Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dengan menunjukkan sikap toleransi, keadilan,dan keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • CPMK 1.4 - Mahasiswa terampil menganalisis permasalahan spiritualitas dan religiusitas melalui pengembangan budaya dan kesejahteraan masyarakat.

CPMK 2.x

  • CPMK 2.1 - Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip dasar Negara Kesatuan Republik Indonesa serta kedudukan dan tata bahasa indonesia (C2) (P2) (A2)
  • CPMK 2.2 - Mahasiswa mampu menjalankan peran sebagai warga negara melalui partisipasi aktif dalam masyarakat (C3)
  • CPMK 2.3 - Mahasiswa mampu menerapkan kaidah penulisan ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta membiasakan pola hidup sehat dan meningkatkan kebugaran jasmani melalui olahraga yang mendukung aktivitas harian, kesehatan mental, dan penguatan nilai-nilai kebangsaan
  • CPMK 2.4 - Mahasiswa mampu menganalisis makna kata. (C4, P1)
  • CPMK 2.5 - Mahasiswa mampu menelaah unsur-unsur dan jenis-jenis paragraf (C4, P2)
  • CPMK 2.6 - Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menjelaskan, dan menganalisis potensi & permasalahan yang ditemui di lapangan/Masyarakat (C4) (A3) (P2)
  • CPMK 2.7 - Mahasiswa mampu mengimplementasikan program kerja yang dirancang secara kolaboratif baik dengan Masyarakat ataupun tim KKN yang menerapkan konsep ilmiah dan berbasis ilmu pengetahuan teknologi (C4) (P4) (A3)
  • CPMK 2.8 - Mahasiswa mampu menyusun paraphrase dan summary (C6, P2)
  • CPMK 2.9 - Mahasiswa mampu menulis esai dengan outline dan argumentasi (C6, P2)
  • CPMK 2.10 - Mahasiswa mampu merancang program pemberdayaan berbasis kebutuhan Masyarakat di Lokasi KKN (C6) (P4) (A3)
  • CPMK 2.11 - Mahasiswa mampu mengevaluasi dan menyusun laporan hasil program kerja secara sistematis (C6) (P5) (A4)
  • CPMK 2.12 - Mahasiswa mampu mengintegrasikan teknologi dan keterampilan olahraga untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman secara kreatif dan inovatif.

CPMK 3.x

  • CPMK 3.1 - Mahasiswa mampu memahami prinsip transformasi dan pembangunan berkelanjutan, konsep dasar infrastruktur komputer, internet, keamanan data dan informasi, sistem operasi, serta basis data; menganalisis peran teknologi tersebut dalam perubahan sosial, ekonomi, dan lingkungan di wilayah Sumatera; serta memahami struktur dasar pemrograman menggunakan bahasa C++.
  • CPMK 3.2 - Mahasiswa mampu mengidentifikasi tantangan dan peluang keberlanjutan di Sumatera dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dari perspektif ilmu pengetahuan, teknologi, dan bisnis
  • CPMK 3.3 - Mahasiswa mampu menerapkan etika dan sikap dalam penggunaan teknologi informasi dan internet yang berkelanjutan terhadap lingkungan; menggunakan perangkat lunak perkantoran untuk mengolah dokumen teks, data, dan presentasi; memanfaatkan komputasi di berbagai bidang keilmuan dengan pendekatan prosedural; menggunakan representasi visual, percabangan, perulangan, dan array dalam pembuatan program sederhana untuk menyelesaikan berbagai permasalahan; serta menerapkan prinsip-prinsip etika profesional di lingkungan kerja dan menyelesaikan dilema etika melalui analisis kasus.
  • CPMK 3.4 - Mahasiswa mampu menganalisis penerapan teknologi informasi dan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari serta tren masa depan dunia kerja, dan mengembangkan perencanaan serta manajemen karier secara adaptif
  • CPMK 3.5 - Mengusulkan ide inovatif berbasis teknologi dengan mempertimbangkan prinsip keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, pelestarian lingkungan, dan kesejahteraan sosial.

CPMK 4.x

  • CPMK 4.1 - Mahasiswa mampu menghubungkan pemahaman mengenai konsep dasar dan stoikiometri kimia, kimia larutan, struktur atom dan tabel periodik unsur, struktur molekul dan ikatan kimia, serta termodinamika, teori gas, dan kinetika molekul dengan fenomena alam yang terjadi di sekitar
  • CPMK 4.2 - Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar mekanika, gelombang, termodinamika, listrik magnet, dan optik serta mengaplikasikannya dalam menyelesaikan permasalahan fisika sederhana; serta memahami konsep biologi dari tingkat molekul, sel, hingga organisme
  • CPMK 4.3 - Mahasiswa mampu memahami peran penting biodiversitas dan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya; penggunaan mikroskop dan aplikasinya dalam pengamatan jaringan dasar; proses biologis pada sel, reproduksi sel, dan pewarisan sifat; serta prinsip dasar perencanaan, perancangan, seni, teknologi, sosial, dan infrastruktur kewilayahan
  • CPMK 4.4 - Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen-komponen dalam infrastruktur berkelanjutan yang tahan terhadap bencana alam, serta menganalisis isu dan potensi dalam suatu wilayah terkait kebutuhan, fungsi, dan konteks lingkungan melalui pemilihan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan kuesioner
  • CPMK 4.5 - Mahasiswa mampu membuat sketsa awal konsep penyelesaian infrastruktur dan ruang publik yang mendukung Pembangunan berkelanjutan dan mitigasi bencana
  • CPMK 4.6 - Mahasiswa mampu mengoperasikan alat-alat laboratorium kimia dasar dengan prosedur yang benar serta menerapkan teknik-teknik dasar laboratorium, termasuk teknik pengukuran, pencampuran, dan pemisahan, sesuai dengan kaidah keselamatan kerja di laboratorium.
  • CPMK 4.7 - Mahasiswa mampu melakukan percobaan kimia dasar untuk memahami konsep stoikiometri, termodinamika kimia, dan kinetika gas, serta menganalisis hasil percobaan secara kuantitatif dan kualitatif menggunakan prinsip-prinsip ilmiah.
  • CPMK 4.8 - Mahasiswa mampu menghitung nilai limit, turunan, dan integral pada fungsi sederhana untuk mengukur laju perubahan dan akumulasi nilai dalam konteks kehidupan sehari-hari. (C3)
  • CPMK 4.9 - Mahasiswa mampu menginterpretasikan penggunaan operasi aritmatika dan aljabar, konsep fungsi, koordinat geometri, serta geometri dasar dalam kehidupan sehari-hari; serta menganalisis data eksperimen untuk menjelaskan fenomena kimia berdasarkan sifat fisik zat, perubahan energi, dan hukum-hukum dasar kimia, serta menyajikan hasil pengamatan dan analisis secara sistematis dalam bentuk laporan ilmiah
  • CPMK 4.10 - Mahasiswa mampu menerapkan konsep limit, turunan, dan integral untuk menyusun langkah penyelesaian masalah matematis yang berkaitan dengan bidang sains dan teknik (C3)
  • CPMK 4.11 - Mahasiswa mampu mengenali konsep geometri dan logika matematika sederhana sebagai alat bantu pemecahan masalah sehari-hari, serta memahami irisan kerucut untuk digunakan dalam menyelesaikan persoalan di bidangnya; keanekaragaman organisme
  • CPMK 4.12 - Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan berkaitan dengan polinom Sistem Persamaan Linier dan Matriks di kehidupan sehari-hari
  • CPMK 4.13 - Mahasiswa mampu menggunakan konsep trigonometri sederhana untuk menyelesaikan persoalan terkait
  • CPMK 4.14 - Mahasiswa mampu mengaplikasikan pengetahuan biologi dalam proses desain sistem dengan konsep biomimikri dan permasalahan Fisis sederhana(C3)
  • CPMK 4.15 - Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil analisis dasar dan sintesis data menjadi gagasan awal untuk proses perencanaan dan perancangan
  • CPMK 4.16 - Mampu berpikir kritis, logis, sistematis, dan terstruktur dalam menyelesaikan masalah-masalah sistem fisis (A4, P2).

CPMK 5.x – 8.x

  • CPMK5.1 - Mahasiswa mampu menganalisis fenomena alam maupun rekayasa fisis dengan menerapkan prinsip matematika dan/atau sains alam [C4]
  • CPMK5.2 - Mahasiswa mampu menganalisis fenomena alam maupun rekayasa fisis dengan menerapkan prinsip-prinsip rekayasa sains dan/atau teknologi digital [C4]
  • CPMK5.3 - Mahasiswa mampu mengimplementasikan metode eksperimental rekayasa kebumian maupun teknologi digital dalam skala laboratorium dan/atau lapangan [C4, P2]
  • CPMK6.1 - Mahasiswa mampu memilih metode analisis dan/atau peranti rekayasa modern yang sesuai untuk permasalahan kerekayasaan kebumian [C5]
  • CPMK6.2 - Mahasiswa mampu menelaah fenomena alam maupun rekayasa fisis dengan menerapkan prinsip rekayasa kebumian [C4]
  • CPMK6.3 - Mahasiswa mampu merumuskan solusi teknis dalam memecahkan permasalahan rekayasa kebumian yang kompleks [C6]
  • CPMK6.4 - Mahasiswa mampu merancang solusi rekayasa dalam batasan permasalahan tertentu [C6]
  • CPMK7.1 - Mahasiswa mampu merancang solusi teknis yang mempertimbangkan aspek multidisiplin serta menelaah dan/atau mengoptimalkan potensi sumber daya lokal maupun global [C6]
  • CPMK8.1 - Mahasiswa mampu mengorganisasikan gagasan atau ide melalui komunikasi yang efektif baik lisan maupun tulisan [C6]
  • CPMK8.2 - Mahasiswa mampu membangun sistem kerja yang efektif dan efisien secara individu maupun tim [A4]
  • CPMK8.3 - Mahasiswa mampu mengoptimalkan prinsip etika, profesionalisme, dan integritas dalam memecahkan permasalahan rekayasa di masyarakat [C5, A5]
  • CPMK8.4 - Mahasiswa mampu mengevaluasi penerapan prinsip kerekayasaan dalam menghadapi isu-isu kontemporer [C5]
```